Review 20 Jurnal yang berkaitan mengenai Perancangan ilustrasi Digital untuk Edukasi dan Promosi.
kali ini saya akan membahas review singkat 20 jurnal yang berkaitan mengenai Perancangan ilustrasi Digital untuk Edukasi dan Promosi. beberapa hari lalu saya mulai terobsesi dengan ilustrasi yang dilakukan secara digital dan bagaimana cara penerapannya, maka dari itu kali ini saya mencoba mereview jurnal dengan membagi 4 sesi yaitu, pembahasan, metode penelitian, hasil penilitian dan kesimpulan yang didapat dari jurnal tersebut.
- Aurellia, S. S. N., & Marwan, R. H. (2022, Februari). Pengaplikasian Gaya Art Deco dalam Ilustrasi Digital pada Buku Minuman Tisane Bunga “Khasiat Kesehatan Minuman Seduhan dari Bunga di Lingkungan Sekitar Kita”. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Industri Kreatif, Universitas Esa Unggul, Vol. 1, No. 1, pp. 16-35. https://dx.doi.org/10.37312/imatype.v1i1.5215
Dalam jurnal
ini, membahas bagaimana penggunaan gaya Art Deco di ilustrasi digital dari buku
yang membahas minuman tisane bunga. Cukup banyak penelitian tentang teh
sendiri, namun tisane bunga belum menarik perhatian yang cukup, khususnya pada
media buku ilustrasi yang komunikatif. Buku ilustrasi adalah media yang baik
untuk menyampaikan sebanyak mungkin informasi yang diperlukan oleh pengguna
dengan metode visual serta menarik. Oleh karena itu, pembuat jurnal juga mengharapkan
penggunaan gaya Art Deco di ilustrasi digital tersebut meningkatkan kepentingan
serta pemahaman orang terhadap bunga yang bisa dijadikan sebagai minuman
seduhan serta mengandung banyak manfaat kesehatan.
Jurnal ini
memiliki metode penelitian kualitatif dengan pendekatan melalui data yang
dibutuhkan meliputi data primer dan sekunder. Data primer didapat melalui
observasi dan wawancara dengan ahli gizi, petani, penikmat the, dan ahli
psikolog yang memberikan informasi mengenai manfaat ilmu tentang teh, serta
dampak zat terhadap efek psikologi seseorang, data sekunder dapat dilihat dari
penelitian pembuat yang mengumpulkan dari studi pustaka melalui buku, internet
dan dokumentasi yang mencakup wawancara dengan narasumber yang relavan.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa gaya Art Deco dalam ilustrasi digital dapat
meningkatkan estetika dan daya tarik buku, serta membuat informasi lebih mudah
dipahami. Penggunaan ilustrasi dalam buku ini membantu memperjelas manfaat
kesehatan dari berbagai bunga yang bisa dikonsumsi sebagai minuman seduhan.
Kesimpulan Penerapan
gaya Art Deco dalam buku ilustrasi tentang tisane bunga memiliki potensi besar
untuk memperkenalkan dan mempromosikan minuman ini kepada masyarakat luas.
Desain yang menarik dan informatif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan
penerimaan masyarakat terhadap manfaat kesehatan dari tisane bunga.
- Asmawan, F. A. (2019, Maret 21). [Perancangan Buku Ilustrasi Digital Painting “Culinary Experience Of Malang” Sebagai Upaya Mendukung Potensi Kuliner Legendaris Di Kota Malang]. Mavis: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 1, No. 1. STIKI MALANG. https://doi.org/10.32664/mavis.v1i1.271
Jurnal ini membahas perancangan buku ilustrasi digital yang bertujuan
untuk menyokong potensi kuliner di kota Malang, khususnya kuliner legendaris
yang mulai kehilangan minat popularitasnya di tengah maraknya kuliner baru atau
modern. Buku ini menggunakan Teknik ilustrasi digital painting yang menambah
keunikan dan daya Tarik visualnya. Selain buku sebagai media utama, pembuat
juga memberi media pendukung seperti tote bag, kaos, pembatas bukku, mug, pin,
poster yang dirancang untuk memperkuat pesan dan promosi kuliner legendari di
kota Malang.
Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal tersebut merupakan metode
penelitian kualitatif. Metode kualitatif dapat diliat pada pembuat yang berfokus
pada pemahaman mendalam fenomena yang diteliti. Dalam perancangan ini penekanan
pada judul utamanya mendalam tentang kuliner legendaris yang menjadi preferensi
audiens potensial dan pengalaman visual yang diinginkan pada buku tersebut. Wawancara,
observasi, dan penggunaan kuesioner merupakan Teknik kualitatif yang digunakan
dalam pembuatan buku tersebut.
Hasil Penelitian Buku ilustrasi yang dirancang dengan teknik digital
painting tidak hanya menyajikan informasi edukatif secara efektif tetapi juga
menarik perhatian visual. Media pendukung seperti tote bag, kaos, dan mug
dirancang untuk memperkuat pesan promosi kuliner legendaris. Dengan adanya buku
ini, diharapkan kuliner legendaris dapat bertahan dan terus dikenal di tengah
gempuran kuliner modern.
Kesimpulan Perancangan buku ilustrasi dengan teknik digital painting, didukung oleh berbagai media pendukung, diharapkan mampu mempertahankan dan mempromosikan kuliner legendaris di Kota Malang. Buku ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut oleh penulis lain menjadi berbagai bentuk media komunikasi visual lainnya seperti videografi, guna mencapai audiens yang lebih luas
- Putri, S. U. V., Budiardjo, H., & Yosep, S. P. (2016). Perancangan Buku Komik Ludruk Berbasis Ilustrasi Digital Guna Mengenalkan Kembali Kesenian Tradisional kepada Remaja. INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA STIKOM SURABAYA, Vol. 5(2), Art Nouveau.
Jurnal ini membahas tentang upaya untuk memperkenalkan ulang kesenian
ludruk kepada generasi muda, terutama pada wilayah asalnya yaitu Surabaya, Jawa
Timur. Meskipun ludruk merupakan warisan local yang kata, namun pada generasi
muda, minat terhadap ludruk terbilang menurun drastis dikalangan generasi muda
karena pengaruh teknologi dan media televisi. Untuk mengupayakan terhindar
berlebih dari hal tersebut pembuat menggunakan metode pembuatan buku komik
sebagai media untuk menyampaikan informasi mengenai sejarah, tokoh tokoh
pentik, struktur pementasan, dan media promosi pendukung ludruk. Pembuat juga
mengharapkan dengan inisiatif ini dapat meningkatkan minat para generasi baru
terhadap kesenian ludruk di Surabaya.
Dalam perancangan ini, pembuat berusaha mencari informasi serta
melakukan analisa tentang gejala dan fenomena yang terjadi pada kesenian Ludruk
melalui metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini
didefinisikan sebagai proses yang mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang
lebih baik mengenai kompleksitas yang ada dalam interaksi manusia.
Hasil Penelitian Melalui buku komik, penulis berhasil menyajikan
informasi mengenai Ludruk secara menarik dan mudah dicerna oleh remaja.
Diharapkan bahwa inisiatif ini dapat membangkitkan kembali minat mereka
terhadap kesenian Ludruk dan mendorong partisipasi aktif dalam melestarikannya.
Kesimpulan Inisiatif pembuatan buku komik ini menunjukkan potensi dalam meningkatkan kesadaran dan minat generasi muda terhadap kesenian Ludruk di Surabaya. Langkah-langkah selanjutnya dapat meliputi peningkatan distribusi buku komik ini dan pengembangan media komunikasi visual lainnya untuk memperluas jangkauan dan dampaknya.
. Santoso, S. G., & S.Ds., P. A. M.Ds. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Digital sebagai Media Informasi tentang Neurosis. e-Proceeding of Art & Design, Vol. 7(2), Agustus 2020, hal. 1190. ISSN: 2355-9349.
Jurnal ini mengangkat pentingnya paham mengenai kesehatan mental,
terlebih penyakit neurosis, dalam masyarakat. Meskipun kesehatan mental
b=menjadi bagian dari kesejahteraan manusia, masih banyak yang kurang memiliki
informasi mengenai neurosis. Pembuat bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh
tentang informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang neurosis melalui
perancangan ilustrasi digital.
Metode penelitian pada perancangan ini menggunakan dua metode
pengumpulan data, yakni secara kualitatif dan kuntitatif. Melalui kegiatan
wawancara, pembuat melakukan interaksi tatap muka dengan psikolog klinik Yayasan
sehat mental Indonesia, serta wawancara daring dengan seseorang responden pada
wilayah bandung dan sekitarnya. Proses analisis data dilakukan oleh pembuat
melalui analisis matriks visual, analisis visual, dan analisis deskriptif untuk
menjelaskan objek yang diteliti melalui data yang terkumpul.
Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa buku ilustrasi digital
adalah media yang paling efektif dan relavan pada topik ini. Dalam penyampaian
informasi buku ilustrasi digital dapat memperoleh popularitas tinggi. Buku ilustrasi
digital juga memiliki potensi untuk menggapai audiens luas dan meningkatkan
pemahaman tentang kesehatan mental.
Pada kesimpulannya pembuat juga menegaskan bahwa pentingnya penggunaan media yang tepat dalam menyampaikan informasi kesehatan mental kepada masyarakat. Buku ilustrasi digital adalah pilihan yang efektif untuk memperkenalkan neurosis kepada masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental.
. Radian, Khemal Indra (2022) TA: Perancangaan Ebook Rambu-Rambu Lalu Lintas dengan Teknik Ilustrasi Digital guna Mengedukasi Anak Usia 7–12 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Jurnal ini membahas tentang pentingnya pembelajaran pengenalan
rambu-rambu lalu lintas sejak usia dini, terutama mengingat banyaknya
kecelakaan lalu lintas yang melibatkan remaja kebawah. Penulis merancang sebuah
ebook bergambar yang ditujukan untuk anak usia 7–12 tahun, dengan tujuan untuk
meningkatkan pengetahuan mereka mengenai rambu lalu lintas.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, tujuannya
untuk mendapat Informasi agar bisa mendukung Perancangan Ebook Tentang Rambu
Lalu Lintas Guna Mengedukasi Anak Usia 7 – 12 Tahun.
Hasil Penelitian Dari perancangan ini, ditemukan hasil berupa ebook
rambu lalu lintas yang memasukkan berbagai jenis rambu, seperti larangan,
perintah, petunjuk, dan peringatan. Ebook ini disusun dengan penuh ilustrasi
gambar kartun yang menggunakan teknik ilustrasi digital dan warna cerah untuk
menarik minat anak-anak dalam mempelajari rambu lalu lintas.
Kesimpulan Ebook ini merupakan upaya yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang rambu lalu lintas. Dengan menyajikan informasi melalui gambar dan warna yang menarik, ebook ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak.
- Kamilah, L. (2022). Visualisasi Kegiatan Berkebun dalam Karya Ilustrasi Digital pada Sweatshirt. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta. Pembimbing: Zaitun Y.A. Kherid, M.Pd. & Dra. Mudjiati, M.Pd.
pembuat membahas tentang
bagaimana desain ilustrasi pada sweatshirt dapat menjadi cara yang menyenangkan
dan efektif untuk mengurangi stres, terutama di tengah situasi pandemi yang
menekan. Dengan pembatasan sosial dan waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah,
kegiatan berkebun menjadi populer sebagai cara untuk menyegarkan pikiran dan
menghindari kejenuhan. Penelitian ini mengamati tren penggunaan sweatshirt yang
nyaman dan gaya serta teknik cetak digital yang inovatif. Melalui pendekatan
riset yang terarah, ilustrasi digital yang menarik tentang kegiatan berkebun
dirancang untuk diaplikasikan pada sweatshirt, khususnya untuk wanita muda usia
19-25 tahun.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berfokus
pada praktik penelitian yang dipimpin oleh hasil riset. Data analisis
dikumpulkan melalui berbagai sumber, termasuk bacaan, observasi, dan kuesioner
untuk memahami secara mendalam pengalaman dan preferensi terkait kegiatan
berkebun.
Hasil dari penelitian Desain sweatshirt yang dihasilkan dari penelitian
ini mencerminkan keceriaan dan keunikan dalam kegiatan berkebun. Dengan
sentuhan ilustrasi digital yang kreatif, setiap sweatshirt menceritakan cerita
yang berbeda dengan warna-warna yang menarik perhatian.
Kesimpulan pembuat menyoroti pentingnya penggunaan desain ilustrasi yang memikat dan menyenangkan untuk mengurangi stres dan menghadapi masa sulit seperti pandemi. Selain itu, desain ini juga mempromosikan pentingnya aktivitas luar ruangan seperti berkebun untuk kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.
Nirwikara, Saptaria An-Nisa (2023) Perancangan Buku Ilustrasi Digital Pramenarche Untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Pembuat membahas betapa pentingnya memahami masa menarche bagi remaja
perempuan usia 9-12 tahun. Menarche, sebagai bagian dari perjalanan menjadi
dewasa, sering kali membuat cemas dan bingung. Namun, dengan kurangnya
pemahaman dan dukungan, momen penting ini bisa jadi menakutkan. Penelitian ini
menyoroti kebutuhan akan sumber informasi yang ramah anak dan mudah dimengerti
tentang menarche. Melalui pendekatan yang hangat dan empati, pembuat menemukan
bahwa membuat buku ilustrasi digital tentang menarche dapat menjadi jalan
keluar yang sempurna.
Dalam pencarian solusi, pembuat menggunakan metode yang sederhana namun
efektif: analisis 5W+1H. pembuat mencari jawaban atas pertanyaan apa, siapa,
kenapa, kapan, di mana, dan bagaimana. Data kami kumpulkan dari berbagai
sumber, termasuk bacaan, pengamatan, dan kuisioner yang diisi oleh remaja
perempuan usia 9-12 tahun.
Hasil dari Penelitian pembuat menciptakan buku ilustrasi digital yang
ramah anak dan informatif tentang menarche. Kami berharap buku ini tidak hanya
memberikan panduan praktis untuk menghadapi masa menarche, tetapi juga menjadi
sahabat yang bisa diandalkan bagi remaja perempuan dan juga orangtua serta guru
yang ingin mendukung mereka.
Penelitian ini menekankan pentingnya mendekati topik sensitif seperti menarche dengan kehangatan dan empati. Dengan menggunakan buku ilustrasi digital, kami berharap dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh remaja perempuan saat mereka menghadapi masa transisi ini. Pembuat juga berharap buku ini menjadi pelipur lara dan sumber keberanian bagi mereka.
Zaiseika, A. I., Andriana, Y. F., & Krishnasari, E. D. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Digital tentang Perawatan Kulit Wajah dengan Tanaman Herbal. Vol. 3, No. 1
Jurnal ini mengeksplorasi cara menggunakan tanaman herbal, yang telah lama dikenal sebagai obat, sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah. Di tengah tren yang semakin meningkat untuk menggunakan bahan-bahan alami, banyak wanita mencari panduan yang mudah diakses untuk perawatan kulit mereka. Jurnal ini membahas perancangan buku ilustrasi digital yang menyediakan informasi praktis tentang cara merawat kulit wajah dengan tanaman herbal.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif The Design Method, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Metode ini memastikan bahwa buku ilustrasi digital dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pengguna.
Hasilnya adalah sebuah buku ilustrasi digital yang dirancang khusus untuk wanita berusia 20-30 tahun. Pada usia ini, banyak wanita mulai mengalami berbagai masalah kulit wajah. Buku ini dibuat agar mudah diakses dan digunakan kapan saja dan di mana saja, dengan ilustrasi yang menarik dan informasi yang mudah dipahami. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis bagi wanita yang ingin memanfaatkan tanaman herbal untuk merawat kulit wajah mereka
- Suandi, Udis (2023) INTERPRETASI FILM “MERANTAU” SUTRADARA GARETH EVANS DALAM KARYA ILUSTRASI DIGITAL UDIS SUANDI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Pembuat meniliti dan mengeksplorasi cara Udis Suandi
menginterpretasikan film "Merantau" ke dalam karya ilustrasi digital.
Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: konsep interpretasi film dalam
ilustrasi, proses kreatif di balik pembuatan ilustrasi digital, dan visualisasi
karya yang dihasilkan. Menggunakan metode Practice-Based Research (PBR),
penelitian ini memadukan praktik seni dengan analisis akademis untuk memberikan
pandangan mendalam tentang proses kreatif tersebut.
Metode penelitian Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi,
kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Proses ini membantu menghasilkan karya ilustrasi yang mencerminkan
elemen dan tema utama dari film "Merantau".
Hasil Penelitian ini menghasilkan empat karya ilustrasi berjudul
"Ready", "Difficult", "Fight", dan
"Eternal". Setiap karya menggabungkan elemen visual yang kuat dan
simbolis, yang berhasil menangkap esensi dan pesan dari film
"Merantau". Ilustrasi ini tidak hanya sebagai bentuk apresiasi
terhadap film Indonesia, tetapi juga memperkaya pemahaman kita tentang
representasi visual dalam budaya lokal.
Kesimpulan dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi dapat menjadi media yang efektif untuk menginterpretasikan dan menyampaikan makna dari sebuah film. Dengan pendekatan Practice-Based Research, Udis Suandi berhasil menciptakan karya ilustrasi yang mengkomunikasikan tema dan pesan film "Merantau" secara simbolis dan visual. Penelitian ini juga berkontribusi dalam pengembangan seni ilustrasi yang terkait dengan sinema dan budaya lokal, mengajak kita untuk lebih menghargai film-film Indonesia.
- Azizi,
Farid (2022) PERANCANGAN ILUSTRASI DIGITAL SEBAGAI DESAIN KREATIF PAKAIAN DINAS
HARIAN PADA CV.OASIA MEGA GARMINDO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media
Kreatif.
pembuat ini meneliti dan mengeksplorasi cara merancang ilustrasi
digital untuk menciptakan desain pakaian dinas harian yang kreatif dan menarik
di CV. Oasia Mega Garmindo. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama:
proses kreatif menggunakan Adobe Illustrator, metode pengumpulan dan analisis
data, serta hasil akhir dari desain pakaian dinas harian yang dihasilkan.
Metode Penelitian Data dikumpulkan kualitatif melalui wawancara dengan
staf perusahaan, observasi langsung di tempat kerja, dan studi pustaka untuk
memahami tren desain terkini. Proses analisis data melibatkan penyaringan dan
penyajian informasi yang relevan, serta penarikan kesimpulan untuk menghasilkan
desain yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Hasil Penenelitian, pembuat menghasilkan lima desain pakaian dinas
harian yang kreatif dan inovatif. Setiap desain dirancang dengan hati-hati,
menggunakan fitur-fitur lengkap dari Adobe Illustrator untuk memastikan hasil
akhir yang estetis dan fungsional. Desain ini tidak hanya menarik secara visual
tetapi juga praktis untuk digunakan sehari-hari oleh staf perusahaan.
Kesimpulan Ilustrasi digital terbukti menjadi alat yang efektif untuk menciptakan desain pakaian dinas harian yang kreatif dan fungsional. Melalui pendekatan yang sistematis dan detail, penelitian ini berhasil menghasilkan desain yang memenuhi kebutuhan estetika dan praktis. Desain-desain ini diharapkan dapat membantu CV. Oasia Mega Garmindo memperbarui koleksi pakaian dinas mereka dan menarik perhatian pelanggan.
- Sari, D. P., Kadarisman, A., & Hidayat, S. (2023). Desain Buku Ilustrasi Digital Proteksi Kejahatan Seksual. Vol. 10, No. 6, Desember 2023, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Kejahatan seksual adalah ancaman yang bisa terjadi di mana saja dan
oleh siapa saja. Namun, dengan pengetahuan yang tepat tentang cara melindungi
diri, kejahatan ini bisa dihindari. Sayangnya, masih banyak remaja yang tidak
mendapatkan informasi yang cukup dan mudah diakses mengenai proteksi diri, yang
mengakibatkan tingginya angka korban pelecehan seksual. Selain itu, stigma
buruk di masyarakat terhadap korban membuat banyak dari mereka takut untuk
melapor. Pembuat melakukan penelitian bertujuan untuk merancang sebuah buku
ilustrasi digital yang dapat memberikan edukasi tentang cara mengenali dan
menghindari tindak kejahatan seksual kepada remaja. Buku ini dirancang untuk
menyampaikan informasi dengan cara yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara
dengan ahli dan korban, observasi, serta studi pustaka. Data yang dikumpulkan dianalisis
untuk memastikan bahwa buku ilustrasi yang dibuat dapat memberikan pemahaman
yang tepat dan efektif.
Hasil penelitian ini adalah sebuah buku ilustrasi digital yang
menyediakan informasi penting tentang cara melindungi diri dari kejahatan
seksual. Buku ini menggunakan ilustrasi yang menarik dan bahasa yang sederhana
untuk menjelaskan langkah-langkah proteksi diri, cara melaporkan kejadian, dan
menghadapi stigma sosial.
Buku ilustrasi digital ini diharapkan dapat membantu remaja memahami
pentingnya proteksi diri dan bagaimana melakukannya. Dengan penyampaian yang
lebih efektif melalui ilustrasi dan penjelasan singkat, buku ini tidak hanya
menyediakan informasi yang diperlukan tetapi juga memberdayakan remaja untuk
menghadapi dan mencegah kejahatan seksual. Selain itu, buku ini juga
berkontribusi dalam mengubah stigma buruk di masyarakat terhadap korban
pelecehan seksual dengan memberikan edukasi yang komprehensif dan mudah
diakses.
- Riyanto,
Darwin Yuwono, Budiardjo, Hardman and Aliffianto, Achmad Yanu (2016) LPM : IbM Penerapan Desain Kemasan dan
Pembuatan Prototipe Pola Kemasan dengan Menggunakan Ilustrasi Digital untuk UKM
Mutiara Taman, Sidoarjo. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom
Surabaya.
jurnal ini membahas tantangan yang dihadapi oleh UKM Mutiara, yang
bergerak dalam produksi bandeng presto. Kemasan saat ini terbuat dari kertas
yang mudah rusak dan kurang informatif, menyebabkan masalah dalam transportasi
dan kurangnya pemahaman konsumen tentang produk. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kesadaran UKM Mutiara tentang pentingnya kemasan dalam memasarkan
produk, serta menyediakan solusi kreatif melalui desain dan pola kemasan yang
ditingkatkan.
Data dikumpulkan Kualitatif melalui survei langsung ke UKM Mutiara,
dengan fokus pada identifikasi masalah dan konsultasi kreatif dengan pemilik
UKM. Tahapan-tahapan pengabdian masyarakat termasuk pelatihan desain kemasan,
implementasi, uji coba, dan evaluasi hasil.
Peningkatan kualitas kemasan produk dilakukan melalui desain yang lebih
tahan lama dan informatif. Desain yang dihasilkan memiliki daya tarik visual
yang meningkat dan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen tentang
kualitas dan spesifikasi produk.
pembuat ini menyoroti pentingnya kemasan dalam mempengaruhi persepsi
konsumen terhadap produk. Melalui pendekatan pengabdian masyarakat, UKM Mutiara
dapat meningkatkan kualitas kemasan produknya, meningkatkan daya saing, dan
meningkatkan pemahaman konsumen tentang produk mereka.
- Aprianota, S., Aditia, P., & Koesoemadinata, M. I. P. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Tentang Pola Hidup Sehat Bagi Wanita. Vol. 7, No. 2, Agustus 2020, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Jurnal ini membahas pentingnya pola hidup sehat bagi wanita, terutama di lingkungan perkotaan di Indonesia. Pola hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan cepat saji, pola tidur yang tidak teratur, dan lingkungan yang tidak bersih, telah menyebabkan peningkatan risiko penyakit. Tujuan perancangan buku ilustrasi digital ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya wanita, tentang pentingnya pola hidup sehat dan memberikan edukasi tentang cara menjalani pola hidup yang baik
Metode kualitatif digunakan dalam perancangan ini, dengan fokus pada pengumpulan data melalui studi literatur dan observasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi wanita dalam menjaga kesehatan mereka.
Hasil perancangan buku ilustrasi digital ini menghasilkan materi yang informatif dan menarik, yang bertujuan untuk mengedukasi pembaca tentang pentingnya pola hidup sehat. Melalui ilustrasi digital yang menarik, diharapkan pesan tentang kesehatan dapat disampaikan dengan lebih efektif kepada target audiens.
Kesimpulan jurnal ini menyoroti pentingnya edukasi tentang kesehatan, terutama bagi wanita yang rentan terhadap penyakit. Dengan menggunakan media buku ilustrasi digital, diharapkan pesan tentang pola hidup sehat dapat diakses dengan mudah dan dipahami oleh masyarakat umum.
1. Mufidah, F., Siswanto, R. A., & Kadarisman, A. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Mengenai Digital Social Media Marketing bagi UMKM Terdampak Pandemi COVID-19. Vol. 9, No. 5, Oktober 2022, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Pandemi telah mengubah cara UMKM beroperasi, khususnya dalam hal
pemasaran. jurnal ini menyoroti tantangan yang dihadapi UMKM di Indonesia saat
mereka berusaha beradaptasi dengan perubahan besar dalam perilaku konsumen,
terutama peningkatan penggunaan internet dan media sosial. Banyak dari mereka
merasa tertinggal dan kebingungan dalam menyesuaikan strategi pemasaran mereka
agar relevan dengan kondisi digital yang semakin berkembang.
Melalui penelitian kualitatif, para peneliti menggunakan wawancara,
studi pustaka, dan observasi untuk memahami permasalahan yang dihadapi oleh
UMKM. Analisis data yang dilakukan memberikan wawasan yang berharga tentang
tantangan dan peluang yang ada dalam pemasaran digital melalui media sosial.
pembuat bertujuan untuk memberikan solusi bagi UMKM yang mengalami
kesulitan dalam mengadaptasi strategi pemasaran mereka dengan menyediakan
panduan praktis tentang strategi pemasaran ilustrasi digital melalui media sosial. Diharapkan,
panduan ini dapat membantu UMKM untuk meningkatkan kehadiran mereka secara
online dan tetap kompetitif di tengah persaingan yang semakin sengit.
Dengan demikian, jurnal ini menegaskan pentingnya bagi UMKM untuk memahami dan memanfaatkan potensi pemasaran menggunakan ilustrasi digital melalui media sosial sebagai cara yang efektif untuk bertahan dan berkembang di era yang semakin digital ini.
Risi, A., & Zulkifli, Z. (2022). Semiotic Study of Digital Illustrations by Agung Budi Santoso (Roland Barthes Semiotics Approach). Mavis: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 4(02), hal. 47-55. https://doi.org/10.32664/mavis.v4i02.739
Didalam perancangannya, pembuat menjelaskan bahwa Agung Budi Santoso, seorang ilustrator profesional yang sering ditemui dalam berbagai bidang industri kreatif di dalam dan luar negeri, terutama di industri musik, dikenal dengan pendekatan ilustrasinya yang cenderung surealis. Gaya surealis dalam karyanya sering kali membingungkan bagi sebagian orang yang mencoba untuk memahami pesan yang ingin disampaikan melalui ilustrasinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali lebih dalam tentang makna yang terkandung dalam ilustrasi karya Agung Budi Santoso.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menerapkan teori semiotika Roland Barthes, dengan fokus pada pemaknaan penanda (signifier) dan petanda (signified), untuk mengeksplorasi makna dari relasi tanda denotasi, konotasi, dan ideologi yang terdapat dalam ilustrasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kehadiran visualisasi surealis dalam karya Agung Budi Santoso sering dipengaruhi oleh referensi yang tersegmentasi pada budaya pop dan dunia musik itu sendiri. Hal ini kadang menyebabkan penafsiran yang keliru atau salah pengertian terhadap pesan yang ingin disampaikan melalui karyanya.
. Nugraheni, A. M., Hidayat, S., & Desintha, S. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Peduli Kucing di Telkom University. Vol. 9, No. 5, Oktober 2022, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Abstrak ini menggarisbawahi kebutuhan akan perhatian terhadap kucing
liar di lingkungan perkotaan, khususnya di Telkom University. Masalah ini
menyoroti pentingnya sikap peduli terhadap hewan yang sering kali terabaikan.
Melalui buku ilustrasi digital, penelitian ini berupaya mengubah sikap
mahasiswa dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap kesejahteraan kucing liar.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melakukan
observasi langsung dan wawancara untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam
tentang situasi kucing liar di lingkungan kampus. Pendekatan ini memungkinkan
peneliti untuk merasakan secara langsung tantangan yang dihadapi oleh kucing
liar dan sikap mahasiswa terhadap mereka.
Hasil penelitian menyoroti kondisi kucing liar di Telkom University
yang sering kali tidak terurus dan rentan terhadap penyakit. Selain itu,
penelitian juga mengungkapkan sikap ketidakpedulian sebagian mahasiswa terhadap
masalah ini. Namun, buku ilustrasi digital yang dikembangkan dalam penelitian
ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran dan perhatian mereka terhadap
kesejahteraan kucing liar.
Penelitian ini menyoroti pentingnya kesadaran dan perhatian terhadap
kesejahteraan kucing liar di lingkungan kampus. Melalui buku ilustrasi digital,
diharapkan dapat terjadi perubahan sikap mahasiswa dan peningkatan kesadaran
mereka terhadap masalah ini. Kesimpulannya, buku ilustrasi digital ini menjadi
langkah awal untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh kucing liar di
lingkungan Telkom University.
. Nugroho, Bramantya (2016) TA : Perancangan Buku Komik Tentang Penularan HIV Melalui Seks Bebas di Usia Remaja Akhir Berbasis Ilustrasi Digital Guna Memberikan Kesadaran Bahaya Penularan Virus HIV. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
jurnal ini mengangkat isu yang penting tentang kebingungan umum di masyarakat seputar HIV dan AIDS, khususnya di kalangan remaja. Menyoroti risiko penularan HIV melalui perilaku seks bebas, penelitian ini menegaskan pentingnya edukasi yang tepat dalam mengatasi masalah ini.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif yang mendalam,
melibatkan observasi langsung dan studi pustaka untuk memahami kondisi sosial
dan kebutuhan informasi remaja. Analisis isi digunakan untuk mengeksplorasi
data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan yang rendah tentang
HIV/AIDS di kalangan remaja meningkatkan risiko penularan. Namun, melalui buku
komik digital, penelitian ini berupaya memberikan solusi dengan menyampaikan
informasi secara menarik dan mudah dicerna.
Perancangan buku komik digital merupakan langkah yang tepat dalam meningkatkan kesadaran remaja tentang HIV/AIDS. Melalui ilustrasi digital yang menarik dan konten yang relevan, buku komik ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam edukasi kesehatan remaja..
Chandrinova, Jennifer (2022) Perancangan Buku Ilustrasi Digital Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Cardiovascular Diseases pada Usia Muda. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Artikel ini menyoroti tantangan pola hidup sehat di tengah kehidupan
perkotaan yang serba sibuk. Dengan fokus pada masalah penyakit jantung,
penelitian ini menggugah kesadaran akan pentingnya gaya hidup yang sehat dalam
menghadapi kesibukan sehari-hari.
Penelitian ini mengadopsi metode 4D (Define, Design, Develop, Deploy)
dalam mengembangkan buku ilustrasi digital sebagai media pembelajaran. Pendekatan
ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data, menganalisis kebutuhan,
mengembangkan konten, dan mengimplementasikan media pembelajaran secara
efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ilustrasi digital memiliki potensi
besar sebagai alat untuk menyampaikan informasi tentang pola hidup sehat.
Dengan konten yang jelas dan menarik, buku ini dapat membantu meningkatkan
kesadaran masyarakat tentang kesehatan.
Perancangan buku ilustrasi digital tentang pola hidup sehat melalui
metode 4D merupakan langkah yang efektif dalam menginspirasi perubahan perilaku
menuju gaya hidup yang lebih sehat. Diharapkan buku ini dapat menjadi sumber
inspirasi dan motivasi bagi masyarakat untuk mengadopsi kebiasaan hidup yang lebih
baik.
Ma'arif, Syamsul (2024) Perancangan Buku Ilustrasi Digital (Ebook) Tentang Bahayanya Sampah Plastik Bagi Lingkungan Untuk Remaja Usia 19-25 Tahun. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Jurnal ini mengangkat isu yang sangat relevan tentang peran penting generasi muda dalam menjaga lingkungan kita dari pencemaran, khususnya dalam konteks meningkatnya jumlah sampah plastik. Penulis dengan jelas menyoroti bagaimana kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan seharusnya dimulai sejak dini, dan generasi muda memiliki peran krusial dalam hal ini.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan yang sangat relevan dan sesuai
dengan target audiensnya, yaitu generasi muda. Dengan menggunakan media-media
modern seperti e-book dan media sosial, penelitian ini mencoba mendekati
generasi muda dengan cara yang menarik dan mudah dicerna.
Dari hasil penelitian, terlihat bahwa generasi muda memiliki potensi
besar untuk membawa perubahan positif dalam mengatasi masalah sampah plastik.
Mereka menunjukkan minat dan kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan, dan
dengan bimbingan yang tepat, mereka dapat menjadi agen perubahan yang efektif.
Jurnal ini menegaskan bahwa generasi muda memiliki peran yang tak tergantikan dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama dalam mengatasi masalah pencemaran sampah plastik. Melalui edukasi yang tepat dan pembelajaran yang menyenangkan, mereka dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga bumi kita tetap bersih dan sehat.
Hidayat, Figo Vio (2022) LKP : Pembuatan Desain Ilustrasi Digital dengan konten Edukasi di PT. Selaksa Abdi Karya Terpadu Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Jurnal ini menggambarkan dengan detail bagaimana perkembangan teknologi
dan seni ilustrasi memberikan dampak positif dalam pendidikan anak sekolah
melalui penggunaan ilustrasi infografis. Penelitian ini memberi sorotan kepada
Outclass, sebuah platform edukatif, sebagai studi kasus yang memanfaatkan
ilustrasi infografis dalam pembelajaran online.
Dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini memberikan gambaran
menyeluruh tentang bagaimana Outclass mengintegrasikan ilustrasi infografis
dalam materi pembelajaran mereka. Metode ini memberikan pemahaman yang jelas
tentang kontribusi ilustrasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ilustrasi infografis oleh
Outclass telah berhasil meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak.
Ilustrasi yang menarik dan informatif memainkan peran penting dalam menyampaikan
konsep-konsep yang kompleks secara mudah dipahami oleh anak-anak.
Dari jurnal ini, dapat disimpulkan bahwa ilustrasi infografis memiliki
peran yang signifikan dalam pendidikan anak sekolah. Melalui platform seperti
Outclass, ilustrasi ini membantu memperluas aksesibilitas pendidikan dan
meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama di era digital saat ini.
Jurnal ini memberi kita wawasan tentang bagaimana teknologi dan seni
ilustrasi dapat digunakan untuk mendukung pendidikan anak-anak. Dengan
pendekatan yang mudah dipahami dan informatif, jurnal ini menginspirasi kita
untuk memperhatikan peran kreativitas dalam meningkatkan pembelajaran dan
memperluas akses pendidikan bagi semua anak.
Comments
Post a Comment