Analisis lanjutan Ilustrasi Digital untuk Edukasi dan Promosi.
Abstrak
Ilustrasi digital merupakan
bidang yang berkembang pesat dalam seni visual modern. Selain menekankan
estetika visual, ilustrasi digital juga memiliki aplikasi yang luas dalam
industri seperti komik dan buku ilustrasi. Penggunaan teknik digital, seperti
digital painting, telah menjadi pilihan utama karena kemampuannya menghasilkan
warna yang jelas dan seragam serta mempermudah proses editing. Keunggulan
lainnya adalah efisiensi biaya dan ketersediaan fasilitas dalam perangkat lunak
yang digunakan. Metode penelitian kualitatif sering digunakan dalam eksplorasi
mendalam terhadap fenomena terkait ilustrasi digital, melibatkan observasi,
wawancara, dan interaksi dengan narasumber berpengalaman.
Latar Belakang
Pada zaman modern, ilustrasi
mengalami perubahan, tidak hanya dilakukan secara manual, ilustrasi kini
dilakukan secara digital. Asmawan, F. A. (2019, Maret 21) Digital ilustrasi
merupakan media kreatif modern yang berkembang pesat, digital painting sering
digunakan dalam sebuah industri seperti komik, buku ilustrasi, dan lainya. Digital
painting memiliki beberapa kelebihan, digital ilustrasi yang paling menonjol
adalah warna yang dihasilkan lebih jelas, rata dan mudah dalam mencari pilihan
warna, apabila terjadi kesalahan, proses editing akan lebih mudah. Digital
painting rata-rata sering dipakai ilustrator pada jaman sekarang. Penulis lebih
memilih teknik digital daripada manual karena pengeluaran biaya untuk membeli
peralatan menggambar tidak perlu, semua fasilitas tersebut tersedia didalam
software.
Ilustrasi digital adalah sebuah Teknik menggambar dengan memanfaatkan semua jenis alat digital untuk membuat gambar. Tentunya teknik menggambar ini berbeda dengan teknik konvensional, yang mana menggunakan cat kuas dan kertas sebagai media fisiknya untuk menghasilkan karya seni atau karya ilustrasi. Ilustrasi digital dapat dilakukan dengan penggunakan aplikasi seperti Dari artikel seputar seni budaya (2016) Teknik digital merupakan teknik kemampuan kreatif menggunakan program komputer seperti corel draw atau adobe photoshop untuk membuat karya visual berupa ilustrasi. Sebelum memilih dan menggunakan aplikasi komputer perlu diketahui jenis gambar digital yang akan diolah, dan jenis gambar yang akan diolah penulis adalah gambar vector. Dari artikel Ahsan (2013) gambar vector memiliki kelebihan seperti memperkecil dan memperbesar gambar tidak akan mempengaruhi kualitas, dan ukuran file bisa kecil sehingga mudah di unduh, mempunyai warna yang cocok untuk gambar sederhana seperti komik, logo, dan lain-lain. Ilustrasi digital juga memiliki beberapa aturan dalam penvisualisasiannya dalam (McCloud, 2007:3). Pada umumnya visualisasi komik menggunakan teknik ilustrasi, dimana ilustrasi berperan penting mengantar pembaca untuk masuk ke cerita yang akan disampaikan. Teknik ilustrasi yang peneliti gunakan adalah ilustrasi full digital dimana dalam teknik ini mulai dari proses sketsa, layouting hingga pewarnaan dilakukan secara digital menggunakan media komputerisasi (Migotuwio, 2013).
Metode Penelitian
Dalam meneliti ilustrasi digital, metode penelitian kualitatif menjadi pilihan utama untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam (Aurellia, S. S. N., & Marwan, R. H. (2022, Februari)). Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk secara sistematis mendalami fenomena terkait ilustrasi digital, mulai dari proses kreatif hingga penerapannya dalam berbagai konteks seni dan industri. Observasi langsung menjadi metode yang sangat penting dalam mengumpulkan data primer. Peneliti melakukan pengamatan mendalam terhadap proses kreatif ilustrator digital, baik dalam tahap sketsa, layout, hingga tahap akhir pewarnaan digital.
Selain itu, wawancara dengan
ilustrator dan profesional industri seni digital merupakan langkah kunci dalam
menggali pandangan dan pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan dan peluang
dalam penggunaan teknik digital. Interaksi langsung dengan narasumber yang
memiliki pengalaman praktis memperkaya perspektif penelitian, memungkinkan
peneliti untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan dan proses
dalam ilustrasi digital.
Penelitian ini juga melibatkan
penggunaan angket kuesioner untuk memperoleh pandangan lebih luas dari
komunitas pengguna ilustrasi digital, baik dari segi preferensi teknis maupun
ekspektasi terhadap produk akhir. Data dari berbagai sumber ini kemudian
dianalisis secara menyeluruh untuk mengidentifikasi pola-pola umum, tren, dan
kecenderungan dalam penggunaan ilustrasi digital, serta bagaimana hal ini
mempengaruhi perancangan dan komunikasi visual dalam konteks yang lebih luas.
Hasil Penelitian
Hasil dari penelitian dari penggabungan 20 jurnal pada kajian sebelumnya ini tidak hanya menghasilkan pemahaman mendalam tentang proses dan aplikasi ilustrasi digital, tetapi juga mengidentifikasi beberapa aspek penting dalam pengembangan konsep perancangan. Konsep dasar yang dihasilkan dari data ini mencakup penentuan target sasaran yang tepat untuk buku ilustrasi digital, baik itu untuk tujuan edukasi maupun promosi.
Penelitian ini mengungkap bahwa
ilustrasi digital tidak hanya menjadi media artistik, tetapi juga alat
komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan kompleks secara visual. Konsep
desain yang dikembangkan berdasarkan analisis data ini memastikan bahwa produk
akhir dapat memenuhi kebutuhan dan harapan audiens target, dengan
mempertimbangkan preferensi estetika, teknisitas, dan tujuan komunikatif dari
ilustrasi digital tersebut.
Kesimpulan
Ilustrasi digital, bidang yang berkembang pesat dalam seni visual modern, telah menggantikan teknik manual dengan metode digital painting yang efisien dan fleksibel. Penggunaan teknologi ini tidak hanya meningkatkan kualitas visual dengan warna yang lebih jelas dan proses editing yang lebih mudah, tetapi juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk peralatan tradisional. Metode penelitian kualitatif menjadi pendekatan utama dalam memahami dan mengumpulkan data mengenai ilustrasi digital, melibatkan observasi, wawancara, dan interaksi langsung dengan narasumber berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi digital tidak hanya media artistik, tetapi juga efektif dalam komunikasi informasi kompleks untuk edukasi dan promosi. Konsep dasar dalam perancangan ilustrasi digital melibatkan identifikasi data, penentuan target audiens, dan pengembangan konsep desain yang mendukung tujuan edukasi atau promosi sesuai dengan tema yang diangkat.
Daftar Pustaka
Aurellia, S. S. N., & Marwan, R. H. (2022, Februari). Pengaplikasian Gaya Art Deco dalam Ilustrasi Digital pada Buku Minuman Tisane Bunga “Khasiat Kesehatan Minuman Seduhan dari Bunga di Lingkungan Sekitar Kita”. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Industri Kreatif, Universitas Esa Unggul, Vol. 1, No. 1, pp. 16-35. https://dx.doi.org/10.37312/imatype.v1i1.5215
Asmawan, F. A. (2019, Maret 21). [Perancangan Buku Ilustrasi Digital Painting “Culinary Experience Of Malang” Sebagai Upaya Mendukung Potensi Kuliner Legendaris Di Kota Malang]. Mavis: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 1, No. 1. STIKI MALANG. https://doi.org/10.32664/mavis.v1i1.271
Putri, S. U. V., Budiardjo, H., & Yosep, S. P. (2016). Perancangan Buku Komik Ludruk Berbasis Ilustrasi Digital Guna Mengenalkan Kembali Kesenian Tradisional kepada Remaja. INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA STIKOM SURABAYA, Vol. 5(2), Art Nouveau.
Santoso, S. G., & S.Ds., P. A. M.Ds. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Digital sebagai Media Informasi tentang Neurosis. e-Proceeding of Art & Design, Vol. 7(2), Agustus 2020, hal. 1190. ISSN: 2355-9349.
Radian, Khemal Indra (2022) TA: Perancangaan Ebook Rambu-Rambu Lalu Lintas dengan Teknik Ilustrasi Digital guna Mengedukasi Anak Usia 7–12 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Kamilah, L. (2022). Visualisasi Kegiatan Berkebun dalam Karya Ilustrasi Digital pada Sweatshirt. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Pembimbing: Zaitun Y.A. Kherid, M.Pd. & Dra. Mudjiati, M.Pd. Nirwikara, Saptaria An-Nisa (2023) Perancangan Buku Ilustrasi Digital Pramenarche Untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Zaiseika, A. I., Andriana, Y. F., & Krishnasari, E. D. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Digital tentang Perawatan Kulit Wajah dengan Tanaman Herbal. Vol. 3, No. 1
Suandi, Udis (2023) INTERPRETASI FILM “MERANTAU” SUTRADARA GARETH EVANS DALAM KARYA ILUSTRASI DIGITAL UDIS SUANDI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Azizi, Farid (2022) PERANCANGAN ILUSTRASI DIGITAL SEBAGAI DESAIN KREATIF PAKAIAN DINAS HARIAN PADA CV.OASIA MEGA GARMINDO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Sari, D. P., Kadarisman, A., & Hidayat, S. (2023). Desain Buku Ilustrasi Digital Proteksi Kejahatan Seksual. Vol. 10, No. 6, Desember 2023, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Riyanto, Darwin Yuwono, Budiardjo, Hardman and Aliffianto, Achmad Yanu (2016) LPM : IbM Penerapan Desain Kemasan dan Pembuatan Prototipe Pola Kemasan dengan Menggunakan Ilustrasi Digital untuk UKM Mutiara Taman, Sidoarjo. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya.
Aprianota, S., Aditia, P., & Koesoemadinata, M. I. P. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Tentang Pola Hidup Sehat Bagi Wanita. Vol. 7, No. 2, Agustus 2020, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Mufidah, F., Siswanto, R. A., & Kadarisman, A. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Mengenai Digital Social Media Marketing bagi UMKM Terdampak Pandemi COVID-19. Vol. 9, No. 5, Oktober 2022, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Risi, A., & Zulkifli, Z. (2022). Semiotic Study of Digital Illustrations by Agung Budi Santoso (Roland Barthes Semiotics Approach). Mavis: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 4(02), hal. 47-55. https://doi.org/10.32664/mavis.v4i02.739
Nugraheni, A. M., Hidayat, S., & Desintha, S. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Peduli Kucing di Telkom University. Vol. 9, No. 5, Oktober 2022, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Telkom University.
Nugroho, Bramantya (2016) TA : Perancangan Buku Komik Tentang Penularan HIV Melalui Seks Bebas di Usia Remaja Akhir Berbasis Ilustrasi Digital Guna Memberikan Kesadaran Bahaya Penularan Virus HIV. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
Chandrinova, Jennifer (2022) Perancangan Buku Ilustrasi Digital Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Cardiovascular Diseases pada Usia Muda. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Ma'arif, Syamsul (2024) Perancangan Buku Ilustrasi Digital (Ebook) Tentang Bahayanya Sampah Plastik Bagi Lingkungan Untuk Remaja Usia 19-25 Tahun. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Hidayat, Figo Vio (2022) LKP : Pembuatan Desain Ilustrasi Digital dengan konten Edukasi di PT. Selaksa Abdi Karya Terpadu Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Comments
Post a Comment